Rabu, 23 Maret 2011

ANALISIS MODAL DAN KEUNTUNGAN

ANALISIS USAHA

Budi daya jamur kuping dapat dikembangkan sebagai usaha sampingan untuk menambah kebutuhan gizi dan pendapatan keluarga. Lokasi budi daya jamur kuping dapat dibangun di pekarangan atau kebun-kebun di lereng pegunungan atau perbukitan yang rimbun dan teduh ternaungi pepohonan.

Bahan dan peralatan yang diperlukan dapat diperoleh di sekitar lokasi usaha atau dibeli di pasar dengan harga relatif murah. Biaya operasional yang relatif besar dapat ditopang melalui usaha patungan atau usaha bersama dalam bentuk koperasi.

Seiring dengan kebutuhan dan perubahan pola konsumsi masyarakat akan menjamin distribusi dan pemasaran produk jamur kuping dari produsen kepada konsumen. Jamur kuping dapat dipasarkan dalam keadaan segar, olahan, ataupun awetan (jamur kuping kering). Margin tataniaga jamur kuping relatif rendah dibandingkan dengan produk-produk jamur sejenis ataupun beberapa komoditas dan produk pertanian lain. Singkatnya, prospek usaha budi daya jamur kuping cukup menjanjikan jika dikembangkan dari usaha sampingan menjadi usaha komersial skala menangah dan besar (industri).

Setiap pengelolaan usaha selalu terkait dengan penggunaan dan pe¬manfaatan sumber daya dan dana. Pengelolaan dan tataguna sumber daya alam berupa lahan dan air mencakup pengawasan, perawatan, dan peme¬liharaannya. Sedangkan operasional pemanfaatan sumber daya tenaga kerja menyangkut jumlah dan kualitas menurut kemampuan atau profesionalisme dan tingkat kesejahteraannya.

Suatu usaha pembibitan dan pemeliharaan (penanaman) jamur kuping menuntut pengelolaan optimal agar pengembangannya tidak memiliki risiko kegagalan. Sistem pengelolaan yang tepat akan mampu merespon kendaL: teknis dan non-teknis yang biasa dihadapi setiap usaha budi dayajamur kuping.

Penggunaan dana untuk pembiayaan operasional teknis dan non-leknis perlu diperlimbangkan secara cermat dan akurat. Pembiayaan-pembiayaan da¬lam pengadaan dan penggunaan bahan atau peralatan serta pengaturan logistik (pergudangan) harus dipertimbangkan berdasarkan prioritas kebutuhan.

Tujuan utama usaha budi daya jamur kuping adalah menghasilkan bibit dan produksi tubuh buah atau kemasan produk awet dengan sumber daya dan dana yang paling hemat. Untuk mencapai tujuan tersebut perlu dibuat analisis usaha lani atau analisis untung rugi yang berfungsi scbagai pedoman sekaligus pengendali operasional. Tetapi mengingat tcrhatasnya infionnasi harga sebagian peralatan pcmbibitan jamur kuring, maka analisis usaha tam I'm MUM dapat disajikan. Bagi masyarakat atau pengusaha yang ber¬minat membuka usaha pembibitan jamur kuping kiranya dapat menganalisis sendiri dengan menanvakan har`ra sebagian peralatan yang dibutuhkan ke toko atau pabriknya. Adapun analisis untung rugi pcmcliharaan jamur kupine salu periode pcnanaman (5 bul,1n) pada I(satu) unit kubung ukuran 84 m

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar